Rabu, 20 Maret 2013

TAHAP PERANG PADERI


Belum selesai lhoh, friends perang paderinya. Tahu kan? Perang paderi dibagi menjadi tiga tahap? Oioioi! Ini dia thahap-tahapnya. . .

TAHAP PERANG PADERI

A. Periode 1821 - 1825

pada periode ini belanda berada di bawah pimpinan Letkol Raaf. Ia mengerahkan pasukannya untuk membantu kaum adat. Pasukan Belanda berhasil menguasai Tanah Datar dan mendirikan benteng Fort Van Der Capellen. Untuk menghindari kerugian yang semakin besar, pada tahun 1824 Belanda dan kaum Paderi mengadakan perjanjian Padang. Akan tetapi perjanjian Padang tidak dapat menghentikan peperangan secara total. Untuk itu, dilakukanlah penyempurnaan perjanjian. Penyempurnaan perjanjian dilakukan oleh Kolonel Stuers tahun 1825. Isi kesepakatannya antara lain :

  • dilakukannya gencatan senjata
  • Tuanku Imam Bonjol diakui kekuasaannya
  • Urusan agama di Sumatera Barat tidak lagi dicampuri Belanda

B. PERIODE 1826-1830

Pada periode ini, konsentrasi Belanda terpecah karena di pulau Jawa juga terjadi perang yaitu Perang Diponegoro. Untuk memperkuat pertahanannya, Belanda mendirikan benteng Fort de Kock di Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

C.PERIODE 1831-1836

Pada periode ini, Belanda mengirim prajurit-prajurit dari Pulau Jawa yang berhasil ditangkap pada Perang Diponegoro untuk membantu Belanda di Sumatera Barat. Pasukan tersebut berada di bawah pimpinan Sentot Ali Basyah. Namun, Sentot Ali Basyah menjadi pengkhianat Belanda sehingga ia ditarik lagi ke Batavia. Tahun 1834 pasukan Belanda di bawah pimpinan Cochins dan Michaels berhasil menguasai Bonjol. Setelah bertahan lama, pada akhirnya pimpinan Paderi yaitu Tuanku Imam Bonjol ditangkap tahun 1837. Kemudian, ia diasingkan ke Batavia, Cianjur, Ambon, dan Manado dan ia Wafat tahun 1864. Setelah Perang Paderi berakhir, wilayah Sumatera Barat jatuh ke tangan Belanda.

  Benteng Fort de Kock
Sentot Ali Basyah
Benteng Fort Van Der Capellen
Tuanku Imam Bonjol

Panjang yah friends. .but don't give up! Terus belajar dan hafalkan :D
sekian dulu~ bye :)

Tidak ada komentar:

KELOMPOK SOSIAL

Hello helo, kita masuk ke materi kelas XII ya, curhat nih besok remed :') efek gak belajar, kalian jangan ga belajar ya ntar nyesel. Tap...