Rabu, 20 Maret 2013

PERLAWANAN RAKYAT MELAWAN BELANDA


Hallo all. .udah beberapa hari aku gak update. .maklum. .koneksinya jelek. .hehe. .yaudah kalo gitu kita lanjut yuuk. .

Di bawah ini adalah beberapa perlawanan yang dilakukan oleh rakyat indonesia dalam rangka melawan kolonialisme dan imperialisme bangsa eropa. Kali ini saya akan membahas 2 perlawanan rakyat :
  • Perlawanan Demak

Monopoli perdagangan Portugis di Selat Malaka, membuat rakyat Demak mengadakan perlawanan. Penyerangan terhadap portugis di Malaka terjadi pada tahun 1512 dan tahun 1513. Penyerangan tersebut dipimpin oleh Dipati Unus. Namun, penyerangan tersebut gagal. Maka, Portugis tetap menguasai perdagangan di selat malaka.
  • PERLAWANAN RAKYAT ACEH

Aceh melihat bahwa keberadaan Portugis di Malaka mengancam aktivitas perdagangannya. Untuk mengusir keberadaan Portugis dari Malaka, pada tahun 1607 sampai 1636 Sultan Iskandar Muda memimpin sebuah penyerangan melawan portugis. Namun, lagi-lagi perlawanan yang dilakukan oleh rakyat Indonesia tidak berhasil. Dengan demikian, Portugis tetap menguasai Malaka.

Baca Juga : PERLAWANAN SULTAN HASANUDDIN
PERLAWANAN PATTIMURA
PERANG PADERI
TAHAP PERANG PADERI
PERANG BONE

Tidak ada komentar:

KELOMPOK SOSIAL

Hello helo, kita masuk ke materi kelas XII ya, curhat nih besok remed :') efek gak belajar, kalian jangan ga belajar ya ntar nyesel. Tap...