Rabu, 20 Maret 2013

PERANG PADERI



Lagi-lagi gue dateng membawa sedikit coretan tangan. Eh maksunya ketikan tangan yang berisikan tentang perang-perang yang tak kunjung padam.. Hehe. .daripada gue ngomong mulu. .cuss kita belajar yuukk. . Happy Reading. .

PERANG PADERI (1821-1837)
ada dua golongan yang berpengaruh kuat pada kehidupan masyarakat Sumatra Barat. Golongan pertama adalah Golongan Adat yang banyak berperan sebelum agama islam berkembang di Sumatra Barat. Golongan yang kedua adalah golongan agamais atau ulama yang terkenal dengan sebutan paderi. Golongan agamais menjadi dominan setelah islam berkembang di bumi Minangkabau.
Sebab terjadinya perang paderi antara lain :
  • makin kuatnya perebutan penganut antara kaum adat dan kaum agamais
  • hukum adat yang menekankan asas marilineal atau garis ibu tidak sesuai dengan hukum agama yang lebih menekankan peranan patrilineal atau garis bapak.
  • Berkembangnya ajaran agama yang semakin mengakar pada kehidupan masyarakat
  • Adanya kebiasaan golongan adat yang bersebrangan atau bertentangan dengan kaum agamais seperti minum minuman keras, kebiasaan menyabung ayam dan berjudi
  • Campur tangan Belanda dalam perebutan pengaruh di Masyarakat Sumatera Barat.


Gimana? Puaskah? Atau masih kurang?inya ya.. Pastinya lahhh.. kan perang paderi masih panjang dan bertahap-tahap.. Monggo baca-baca lagi. .

Tidak ada komentar:

KELOMPOK SOSIAL

Hello helo, kita masuk ke materi kelas XII ya, curhat nih besok remed :') efek gak belajar, kalian jangan ga belajar ya ntar nyesel. Tap...