Senin, 01 April 2013

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA


Pendidikan. Di Indonesia pendidikan sudah berkembang sesuai dengan zaman. Walaupun masih belum merata setidaknya pendidikan di Indonesia sudah bagus. Mari kita Flshback ke Zaman dahulu saat pendidikan masih sangat sulit untuk didapatkan. 

Pada akhir abad ke-19 sistem pendidikan yang berkembang di Indonesia semakin pesat dan banyak, oleh beberapa kelompok berikut:
1. Kelompok keagamaan
  • Pendidikan Agama Islam melalui Pesantren
  • Pendidikan Agama yang lain sesuai penanaman agama masing-masing
2. Pemerintah kolonial Belanda
  • Sudah memiliki kurikulum yang jelas
  • Ditujukan untuk memenuhi tenaga kerja yang bisa baca tulis

Sejak dilaksanakannya Politik Etis, pemerintah Belanda mendirikan  banyak sekolah. Mulai dari sekolah yang setingkat SD sampai perguruan tinggi. Sedangkan, yang dimaksud dengan pendidikan kolonial adalah pendidikan yang diorganisasikan oleh pemerintah colonial belanda. Penyelenggaraan pendidikan itu dilaksanakan sejalan dengan kepentingan pemerintah itu sendiri. Misalnya saja berupa kebutuhan akan pegawai terdidik dan terampil, baik di kantor pemerintah atau perkebunan. Karena kepentingan tersebut, pendidikan tidak merata untuk semua orang. Hanya beberapa orang saja yang dapat menikmati pendidikan.



Tidak ada komentar:

KELOMPOK SOSIAL

Hello helo, kita masuk ke materi kelas XII ya, curhat nih besok remed :') efek gak belajar, kalian jangan ga belajar ya ntar nyesel. Tap...