animasi bergerak gif
HOME

Template by:
Free Blog Templates 2PM_Group

Sabtu, 30 Maret 2013

Perlawanan Patih Jelantik


Hai teman. .. apa kabar? ngomong soal perang kayaknya udah sangat nggak zaman. tapi pada tau gak kalau dunia mulai gempar dengan pernyataan "keadaan perang" oleh negara korea utara terhadap korea selatan? Hm~ kita doakan aja yah semoga gak sampe jadi perang dunia.. keke.. Haduhh.. bahas beginian bikin males.. ada-ada aja sih.. pake perang segala.. Okelah kita Go To pembahasan yang sebenarnya yaitu PERANG PATIH JELANTIK



enjoy ~~


Perlawanan Patih Jelantik
Pulau Dewata atau Pulau Bali sampai pada abad 19 merupakan sebuah kerajaan merdeka yang bebas dari pengaruh bangsa asing. Belanda yang ingin menguasai seluruh nusantara tidak senang dengan kejayaan Bali. Yang menjadi sasaran utama Belanda adalah Kerajaan Buleleng di bawah pimpinan I Gusti Ketut Jelantik. Kerajaan Buleleng mengadakan perlawanan terhadap Belanda tahun 1846. Penyebabnya adalah :
  • Hukum Tawan Karang tidak diakui oleh belanda
  • Belanda memaksa raja-raja Bali untuk mengakui kedaulatannya.
  • Belanda ingin memonopoli perdagangan

Pertempuran tersebut berlangsung dari tahun 1846-1849 dengan kekalahan di pihak Kerajaan Buleleng. Akibatnya, hukum Tawan Karang yang selama ini dijalankan kerajaan Buleleng pun dihapuskan. Selain itu, Belanda juga berhasil menguasai perdagangan di Bali.
Poskan Komentar