Senin, 09 September 2013

Teori hierarki kebutuhan Maslow / Abraham Maslow – Ilmu ekonomi

Teori hierarki kebutuhan Maslow / Abraham Maslow – Ilmu ekonomi

Menurut Abraham Maslow manusia memiliki lima kebutuhan yang membentuk tingkatan-tingkatan atau disebut juga hierarki dari yang palng penting hingga yang tidak penting dan dari yang mudah hingga yang sulit untuk dicapai atau didapat. Motivasi manusia sangat dipengaruhi oleh kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi.

Kebutuhan Maslow harus memenuhi kebutuhan yang penting dahulu kemudian ke tingkat yang tidak terlalu penting. Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu dipaskan dulu kebutuhan yang berada pada tingkat dibawahnya.

Lima kebutuhan dasar maslow disusun berdasarkan kebutuhan yang palin penting hingga yang tidak penting :



1. Kebutuhan Fisiologis

Kebutuhan fidiologis adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk memenuhi kebutuhan fisik. Misalnya : Sandang atau pakaian, pangan atau makanan dan minuman, papan atau kebutuhan rumah atau tempat tingga, BAB/K atau buang air besar/kecil, bernafas, dan lain-lain.

2. Kebutuhan keamanan dan keselamatan

Sebagai contih dari kebutuhan akan keamanan atau keselamatan adalah : Bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman, bebas dari rasa sakit, bebas dari terror, dan lain sebagainya.

3. Kebutuhan sosial

Kebutuhan sosial. Sebagai contoh misalnya; memiliki seorang teman, memiliki keluarga, memiliki pacar atau cinta akan lawan jenis dan lain-lain.

4. Kebutuhan penghargaan

Contoh dari kebutuhan akan penghargaan adalah: pujian, piagam, tanda jasa, hadiah, dan masih banyak lagi.

5. Kebutuhan aktualiasi diri

Kebutuhan aktualisasi diri merupakan kebutuhan untuk bertindak sesuka hati sesuai dengan bakat dan minatnya. Contoh; hobinya sepak bola dia ikut eksul sepakbola

Tidak ada komentar:

KELOMPOK SOSIAL

Hello helo, kita masuk ke materi kelas XII ya, curhat nih besok remed :') efek gak belajar, kalian jangan ga belajar ya ntar nyesel. Tap...