Selasa, 30 April 2013

GERAKAN KEPEMUDAAN


hello semua~ materi sudah hampir selesai~ mari kita lanjutkan materi kita dengan yang satu ini.. sudah tahu beberapa nama organisasi kan? nah kali ini organisasi yang akan kita bahas adalah organisasi kepemudaan.. selamat belajar :)


Banyak sekali organisasi pemuda yang bermunculan nih teman~ mau tau? ini dia beberapa daftarnya :)

  • Tri Koro Dharmo


Nama Tri Koro Dharmo berarti Tiga Tujuan Mulia. Tri Koro Dharmo

 Didirikan oleh R. Satiman Wiryo Sandjojo, Kadarman, dan Sunardi pada 7 Maret 1915 di Jakarta. Tujuan didirikannya Tri Koro Dharmo ialah menghimpun para pemuda Jawa agar bersatu bersatu untuk berjuang mewujudkan kemerdekaamn Indonesia.


Tri Koro Dharmo  memiliki asas perjuangan dalam menjalankan organisasinya. Asas perjuangan Tri Koro Dharmo  antara lain:

1.      Menimbulkan  pertalian antara murid-murid bumi putera pada sekolah menengah, kursus perguruan sekolah guru, dan sekolah kejuruan.

2.      Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya

3.      Membangkitkan dan mempertajam perasaan buat segala bahasa dan budaya Indonesia, khususnya Jawa.



Karena sifatnya yang Jawa sentris, Tri Koro Dharmo kurang dapat berkembang. Dalam kongres yang diadakn di Solo (1918), nama Tri Koro Dharmo  diubah menjadi Jong Java. Perubahan ini dimaksudkan untuk menghendari terjadinya perpecahan diantara para anggota Tri Koro Dharmo. Berdirinya Jong Java ini ternyata dapat mengilhami lahirnya organisasi-organisasi kepemudaan daerah yang lainnya di Indonesia, seperti Jong Sumatera, Jong Ambon, Jong Minahasa, dan sebagainya.

  •  Jong Sumatranen Bond

Organisasi pemuda yang satu ini didirikan pada tanggal 9 Desember 1917 di Gedung Volkslecture yaitu di Jakarta oleh para pemuda Sumatera yang ada di Jakarta. Organisasi ini bertujuan untuk memperkokoh hubungan antarpelajar asal Sumatera di Jakarta. Melalui keberadaan organisasi kepemudaan ini lahirlah kesadaran bahwa nantinya mereka akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa. 

Dalam perkermbangannya Jong Sumatranen Bond memiliki banyak anggota yang tersebar di berbagai kota seperti Bogor, Bandung, Serang , Sukabumi, Purworejo, Padang, dan Bukittinggi. Jong Sumatranen Bond melahirkan pemimpin bangsa seperti Muhammad Yamin dan Muhammad Hatta.
  • Jong Ambon

Organisasi yang terbentuk adalah Wihelmina, Ambonsch Studifonds, dan Ambon Bons. Orang Ambon di luar Ambon mendirikan Sarekat Ambon. Pimpinannya yang terkenal adalah A.J. Patiy.
  • Jong Minahasa dan Celebes

Pada tahun 1919 berdiri organisasi Jong Minahasa dan Jong Celebes. Kedua organisasi ini tidak begitu besar, tetapi berkat berdirinya organisasi ini muncullah seorang tokoh muda Minahasa yang terkenal yaitu Sam Ratulangi.
  • Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI)

Semakin banyaknya organisasi kepemudaan yang berdiri pada masa kebangkiatn nasional, mengilhami para mahasiswa di Bandung membentuk Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) pada tahun 1925. Anggotanya terdiri atas para pelajar Jakarta dan Bandung. PPPI memiliki tujuan menghimpun para pelajar di Bandung dan Jakarta untuk bersama-sama memerdekakan Indonesia.
  • Jong Indonesia

Jong Indonesia berdiri tahun 1927 di Bandung.  Organisasi ini sebenarnya merupakan perkumpulan dari organisasi-organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia. Tujuan dibentuknya Jong Indonesia ialah menyatukan seluruh pemuda Indonesia organisasi inilah yang memelopori penyelenggaraan Kongres Pemuda yang menghasilkan Sumpah Pemuda.
 Gimana? sudah puas kah? semoga saja :) Good Luck

Tidak ada komentar:

KELOMPOK SOSIAL

Hello helo, kita masuk ke materi kelas XII ya, curhat nih besok remed :') efek gak belajar, kalian jangan ga belajar ya ntar nyesel. Tap...