Rabu, 06 Maret 2013

KEDATANGAN BANGSA INGGRIS KE INDONESIA



Hello Guys!!! Saya datang dengan lanjutan yang kemaren KEDATANGAN BANGSA BELANDA KE INDONESIA

Sejak abad ke-17, pedagang Inggris sudah berdagang sampai di daerah India. Di India timur, para pedagang Inggris mendirikan kongsi dagang yaitu East India Company (EIC) pada tahun 1600, dengan daerah operasinya adalah India. Pusat kekuatan EIC adalah Kalkuta (India), dan dari kota inilah Inggris meluaskan wilayahnya ke Asia Tenggara. Tahun 1600 Ratu Elizabet I dari inggris berlayar ke dunia timur. 


Tahun 1602 tiba di aceh dipimpin oleh Sir James Lancaster dilanjutkan ke banten dan membangun kantor perdagangan. Tahun 1604 tiba di ternate, tidore, ambon, dan banda di Maluku dipimpin Sir Henry Middleton. 

Tahun 1811 menyerang wilayah dikuasai belanda dan menang. Tanggal 13 Agustus 1814 ada perjanjian London. Inggris harus mengembalikan wilayah hindia belanda pemerintah belanda dan dapat terlaksana tanggal 19 agustus 1816. Dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles.



Tidak ada komentar:

KELOMPOK SOSIAL

Hello helo, kita masuk ke materi kelas XII ya, curhat nih besok remed :') efek gak belajar, kalian jangan ga belajar ya ntar nyesel. Tap...