Jumat, 05 April 2013

Bentuk dan Strategi Pergerakan Nasional Indonesia


Hai All~ Kini saya akan membahas tentang pergerakan nasional. kali ini adalah Bentuk dan Strateginya yang akan saya bahas.. :) Silahkan membaca :) semoga bermanfaat ya :)

Bentuk dan Strategi Pergerakan Nasional Indonesia
Perjuangan bangsa Indonesia sangat panjang. Bahkan perjuangan tersebut sudah bertahun-tahun lamanya. Walaupun perjuangan dilakukan cukup panjang, tidak membuat bangsa Indonesia berhasil mendapatkan apa yang diinginkan. Bangsa Indonesia sering mengalami kegagalan. Beberapa faktor yang menyebabkan perjuangan bangsa Indonesia mengalami kegagalan sebelum tahun 1908 antara lain:
Kurang adanya persatuan dan kesatuan bangsa.
Faktor persenjataan yang kurang.
Senjata yang dimiliki para pejuang Indonesia masih sangat sederhana.
Politik devide et impera
Siasat Belanda mengadu domba antar sesama bangsa Indonesia berhasil
Setelah tahun 1908 perjuangan bangsa Indonesia mengalami banyak perkembangan seperti :
Perjuangan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia mulai menonjolkan persatuan.
Perjuangan yang dilakukan tidak lagi menggunakan senjata tradisional, melainkan menggunakan organisasi-organisasi modern.
Pemimpin perjuangan sudah berganti menjadi golongan cerdik pandai, bukan lagi golongan bangsawan atau para pembimpin daerah yang lain.

PENDIDIKAN SETARAF SMP, SMA, dan PERGURUAN TINGGI


Hallo my friend yang makin kece :P
Bagaimana nih sekolahnya? Hal apa yang sudah berkembang? Hm~ Banyak gak? Kalo banya bagus deh :D
Kali ini aku akan membahas tentang pendidikan pada taraf SMP, SMA , dan Perguruan tinggi J
So.. selamat belajar  J

Pendidikan Setaraf SMP/SMA, yaitu :
  • Meer Uitgebreid Lager Onderwijs/MULO yaitu Pendidikan Rendah Lebih Ekstensif yang setara dengan pendidikan setingkat SMP dengan lama pendidikan 3 – 4 tahun
  • Algemene Middelbare School /AMS. AMS merupakan pendidikan setara Sekolah Menengah Umum/SMU. AMS merupakan sekolah lanjutan dari MULO, dengan lama pendidikan 3 tahun
  • Hogere Burgerreschool/HBS (Sekolah Menengah), dengan lama pendidikan 5 tahun
  • Kweek School/KS (Sekolah Guru), dengan lama pendidikan 6 tahun.

Pendidikan Tinggi meliputi :
  • Opleiding school voor Inlandse Ambtenaren / OSVIA (Sekolah Pendidikan Pegawai Pribumi)
  • School tot Opleding van Indische Artsen / STOVIA (Sekolah Kedokteran Jawa)
  • Rechts Hooge School / RHS (Sekolah Hakim Tinggi)
  • Technishe Hooge School (Sekolah Teknik Tinggi)

Walaupun lembaga pendidikan semakin berkembang banyak, namun tak semua orang dapat menikmati sekolah. Pemerintahan Kolonial Belanda masih menggunakan sistem deskriminatif yaitu sistem membeda-bedakan. Sekolah untuk siswa bumi putera tidak sama dengan anak eropa. Kurikulum yang digunakan khsusus yaitu menggunakan kurikulum yang berbeda dengan anak-anak Eropa. Oleh sebab itu, apabila anak bumi putera ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, maka ia harus memasuki sekolah anak-anak Eropa. Anak bumi putera yang boleh sekolah di Eropa hanyalah anak-anak keturunan bangsawan atau yang orang tuanya bekerja pada pemerintahan Belanda.

Perkembangan pendidikan yang ada di Indonesia ternyata dalam jangka waktu yang panjang dapat mengubah kedudukan sosial di masyarakat dan melahirkan satu golongan baru dalam masyarakat yaitu golongan cendekiawan. Golongan cendekiawan inilah yang nantinya mengadakan perubahan mengenai sistem perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

Senin, 01 April 2013

PENDIDIKAN KOLONIAL BELANDA SETARAF SD


Berikut ini adalah sekolah – sekolah yang berdiri pada masa kolonial Belanda. Kali ini akan dibbahas tentang sekolah-sekolah jaman kolonial belanda yang setaraf dengan pendidikan SD. Meliputi sekolah – sekolah :
  • Eerste Klasse School (Sekolah Kelas Satu), yang merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi anak – anak bangsawan Indonesia, dengan lama pendidikan 4 – 5 tahun.
  • Twede Klasse School (Sekolah kelas satu), sekolah yang diperuntukkan bagi anak – anak masyarakat biasa dengan lama pendidikan 3 tahun.
  • Volkschool (Sekolah Desa ), sekolah dengan lama pendidikan 3 tahun.
  • Vervolgschool (Sekolah lanjutan), sebagai lanjutan dari Volkschool, dengan lama pendidikan 2 tahun.
  • Schakel School (Sekolah Schakel), yaitu sekolah sambungan yang dapat dilanjutkan ke MULO,  dengan lama pendidikan 5 tahun.
  • Europese Lagere School /ELS (Sekolah Belanda), dengan lama pendidikan 7 tahun
  • Hollands Inlandse School/HIS (Sekolah Hindia Belanda), dengan lama pendidikan 7 tahun.
  • Hollands Chinese School/HCS (Sekolah cina), dengan lama pendidikan 7 tahun. 
Pembahasan selesai sampai disini dulu ya~ semoga bermanfaat ilmunya :) TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG :)

Kebijakan Pemerintah Kolonial Belanda


Pemerintah kolonial belanda sebagai empunya sekolah-sekolah yang ada menerapkan beberapa kebijakan. Kebijakan pemerintah kolonial belanda antara lain: 
  •  Menggunakan sistem diskriminatif (pembeda-bedaan)
  • Tidak semua lembaga pendidikan bisa dimasuki golongan bumi putera
  • Yang diperbolehkan hanya anak bangsawan dan orang tua yang bekerja pada pemerintah Belanda

SEKOLAH YANG DIDIRIKAN BELADA DI INDONESIA


Sudah dibahas sebelumnya bahwa pengembangan pendidikan dilakukan oleh dua kelompok yaitu kelompok agama dan colonial beanda. Kali ini saya akan membahas tentang berbagai jenis sekolah yang telah didirikan oleh kelompok colonial belanda. Selamat membaca J
    Sekolah yang didirikan oleh Belanda di Indonesia, antara lain :
  •          Kwekkschool atau sekolah guru. Sekolah ini memiliki tujuan untuk mencetak tenaga guru asli bumi putera.
  •           Hoofdenschool atau sekolah pangreh praja. Sekolah ini bertujuan untuk memenuhi tenaga kerja sebagai pegawai di pemerintah Belanda.
  •       Hollandsch Inlandsche School atau sekolah rendah untuk anak bumi putera yaitu sekolah yang bertujuan agar anak-anak bumi putera tidak buta huruf.
Seperti itulah penjelasannya. semoga kalian semua mengerti ya. amiiinnn...



PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA


Pendidikan. Di Indonesia pendidikan sudah berkembang sesuai dengan zaman. Walaupun masih belum merata setidaknya pendidikan di Indonesia sudah bagus. Mari kita Flshback ke Zaman dahulu saat pendidikan masih sangat sulit untuk didapatkan. 

Pada akhir abad ke-19 sistem pendidikan yang berkembang di Indonesia semakin pesat dan banyak, oleh beberapa kelompok berikut:
1. Kelompok keagamaan
  • Pendidikan Agama Islam melalui Pesantren
  • Pendidikan Agama yang lain sesuai penanaman agama masing-masing
2. Pemerintah kolonial Belanda
  • Sudah memiliki kurikulum yang jelas
  • Ditujukan untuk memenuhi tenaga kerja yang bisa baca tulis

Sejak dilaksanakannya Politik Etis, pemerintah Belanda mendirikan  banyak sekolah. Mulai dari sekolah yang setingkat SD sampai perguruan tinggi. Sedangkan, yang dimaksud dengan pendidikan kolonial adalah pendidikan yang diorganisasikan oleh pemerintah colonial belanda. Penyelenggaraan pendidikan itu dilaksanakan sejalan dengan kepentingan pemerintah itu sendiri. Misalnya saja berupa kebutuhan akan pegawai terdidik dan terampil, baik di kantor pemerintah atau perkebunan. Karena kepentingan tersebut, pendidikan tidak merata untuk semua orang. Hanya beberapa orang saja yang dapat menikmati pendidikan.



Gerakan Kebangsaan di Beberapa Negara Asia Afrika


Gerakan Kebangsaan di Beberapa Negara Asia Afrika

  • Keteladanan Mahatma Gandhi dan Jawaharlal Nehru dalam rangka merebut kemerdekaan India dari Inggris
  • Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905 memberi sinyal bahwa bangsa lain dapat menang melawan bangsa Eropa
  • Keberhasilan bangsa Filipina mengusir bangsa Spanyol tahun 1898
  • Keberhasilan China menurunkan kaisar yang korup pada awal abad ke-20
  • Perjuangan Myanmar melawan Inggris untuk merdeka

MAKNA PAHAM-PAHAM SAAT TERBENTUKNYA KESADARAN NASIONAL


hai-hai.. saya kan udah janji nih mau bahas apa saja makna paham dari faktor ekstern Munculnya Pergerakan Nasional. 

Nasionalisme
Dalam arti luas: perasaan cinta terhadap bangsa dan tanah airnya yang terbentuk karena persamaan nasib, budaya, karakter, dan keinginan hidup bersama.
Dalam arti sempit: perasaan cinta terhadap bangsa yang berlebihan sehingga memandang rendah bangsa lain atau sering disebut sebagai chauvinisme

Liberalisme
Dari kata Liberty yang artinya bebas. Paham ini dicetuskan oleh Adam Smith dalam buku “Wealth of Nations” tentang perjuangan ekonomi Liberal dan mengecam campur tangan pemerintah dalam masalah ekonomi. Juga mempengaruhi bidang politik dan agama. Dengan adanya paham Liberalisme memunculkan keinginan menentukan nasib sendiri.

Sosialisme
Menekankan perhatian pada masyarakat secara keseluruhan. Sosialisasi muncul karena perkembangan industrialisasi sebagai dampak liberalisme yang melahirkan golongan kapitalis, Golongan kapitalis mengeksploitasi kaum proletar/kaum miskin (buruh). Kaum proletar bangkit menyuarakan agar segalanya menjadi milik bersama
Tokoh yang terlibat : Karl Marx dari Jerman

Pan-Islamisme
Paham ini adalah paham yang menginginkan / mencita-citakan manifestasi dari prinsip islam mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan antar umat islam di seluruh dunia. Al-wahdah al-islamiyah / al-ittihad al-islamiyah : Umat islam merupakan satu kesatuan yang utuh dan universal di seluruh dunia tanpa kecuali.

Demokrasi
Paham demokrasi adalah paham yang mengacu pada suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Pertama kali dilaksanakan di Yunani yaitu di Polis Athena berupa demokrasi langsung. Pengambilan keputusan seharusnya dilaksanakan seluruh rakyat. Dalam perkembangannya tidak mungkin mengikutsertakan seluruh rakyat, sehingga dengan sistem perwakilan. Sedangkan di Indonesia menganut demokrasi langsung dan tidak langsung.


TERBENTUKNYA KESADARAN NASIONAL


Hai kawan~ kita mau GANTI BAB. Lanjut ke bab yang membahas tentang TERBENTUKNYA KESADARAN NASIONAL . nanti kalo bahas perang terus malah pusing hehe.. Let’s talk about it!!
Latar Belakang Munculnya Pergerakan Nasional. Untuk latar belakangnya dibedakan menjadi dua yaitu:
  • Faktor Intern
  • Faktor Ekstern


Kita mulai bahas dari yang Intern dulu ya..
Faktor Intern :
  • Adanya kaum cendekiawan
  • Penderitaan, penindasan, dan perlakuan diskriminatif
  • Pengaruh politik balas budi/Politik etis
  • Kenangan kejayaan di masa lampau


Ok! Sekarang lanjut ke Eksternnya.
Faktor ekstern:
  • Kemenangan Jepang melawan Rusia tahun 1905
  • Masuknya paham-paham baru ke Indonesia
  • Perkembangan Nasionalisme di kawasan Asia Afrika khususnya di Asia Tenggara pada paruh pertama abad ke-20
Berikut beberapa paham yang dimaksud :
  • Nasionalisme
  • Liberalisme
  • Sosialisme
  • Pan-Islamisme
  • Demokrasi



tentang penjelasan paham-pahamnya akan dibasan di postingan berikutnya :D

Minggu, 31 Maret 2013

Perlawanan Sisingamangaraja XII


Perlawanan Sisingamangaraja XII
Sisingamangaraja XII merupakan raja yang ke-12 dan menimbulkan pengaruh yang sangat luas di daerah tapanuli dan sekitarnya.
Sisingamangaraja ke-12 mengadakan perlawanan terhadap Belanda. Berikut beberapa alasannya :
  • Pengaruh Sisingamangaraja semakin kecil
  • Adanya Zending atau misi penyebaran agama kristen di Tapanuli dan sekitarnya
  • Belanda memperluas kekuasaannya dalam rangka Pax Netherlandies.

Sedangkan penyebab khusus perlawanan adalah kemarahan sisingamangaraja atas penempatan pasukan Belanda di Tarutung dengan gugurnya sisingamangaraja XII tahun 1907. Setelah sisingamangaraja gugur, Tapanuli jatuh ke tangan Belanda.

PERANG BANJAR


Yuhu.. kerena kebuuhan akan informasi sangat mendesak aku memutuskan untuk membagi ini.. nggak juga sihh.. karena tugas juga kekeke


Yaudah baca aja deh nih 

PERANG BANJAR

Perang Banjar pecah karena adanya campur tangan pemerintah Belanda dalam urusan kerajaan. Pangeran Amir yang seharusnya menjadi raja dihalangi Belanda dan malah menempatkan Pangeran Nala menjadi raja. Karena merasa berhutang budi terhadap Belanda, Pangeran Nala pun menyerahkan wilayah kerajaan banjar kepada belanda.
Rakyat Banjar mengadakan perlawanan terhadap Belanda di bawah pimpinan Pangeran Antasari. Perlawanan tersebut berlangsung terus-menerus sampai akhir hayat pangeran Antasari yaitu pada tahun 1862. Perlawanan dilanjutkan lagi oleh anak-anaknya untuk membebaskan Kerajaan Banjar dari pengaruh belanda.

Bagaimana? maaf yak cuman dikit.. kan ringkasan .. biar enak belajarnya.. iya kan?? Sipp dahh semoga tambah pinter ya :D

Perlawanan Patih Jelantik


Hai teman. .. apa kabar? ngomong soal perang kayaknya udah sangat nggak zaman. tapi pada tau gak kalau dunia mulai gempar dengan pernyataan "keadaan perang" oleh negara korea utara terhadap korea selatan? Hm~ kita doakan aja yah semoga gak sampe jadi perang dunia.. keke.. Haduhh.. bahas beginian bikin males.. ada-ada aja sih.. pake perang segala.. Okelah kita Go To pembahasan yang sebenarnya yaitu PERANG PATIH JELANTIK



enjoy ~~


Perlawanan Patih Jelantik
Pulau Dewata atau Pulau Bali sampai pada abad 19 merupakan sebuah kerajaan merdeka yang bebas dari pengaruh bangsa asing. Belanda yang ingin menguasai seluruh nusantara tidak senang dengan kejayaan Bali. Yang menjadi sasaran utama Belanda adalah Kerajaan Buleleng di bawah pimpinan I Gusti Ketut Jelantik. Kerajaan Buleleng mengadakan perlawanan terhadap Belanda tahun 1846. Penyebabnya adalah :
  • Hukum Tawan Karang tidak diakui oleh belanda
  • Belanda memaksa raja-raja Bali untuk mengakui kedaulatannya.
  • Belanda ingin memonopoli perdagangan

Pertempuran tersebut berlangsung dari tahun 1846-1849 dengan kekalahan di pihak Kerajaan Buleleng. Akibatnya, hukum Tawan Karang yang selama ini dijalankan kerajaan Buleleng pun dihapuskan. Selain itu, Belanda juga berhasil menguasai perdagangan di Bali.

Perang Diponegoro (1825 - 1830)


Hai friends, apa kabar nih? Semoga semuanya dalam keadaan baik seperti saya. Kali ini saya akan bahas tenang Perang Diponegoro. Sambil menyelam minum air, daripada di bus hanya ngobrol lebih baik mengerjakan tugas. Kali ini saya menulis ini di perjalanan menuju bumi perkemahan dodik latpur ringdam IV DIPONEGORO. Pas banget sama apa yang akan kita bahas. .enjoy reading!!

Perang Diponegoro (1825 - 1830)
perang Diponegoro dipimpin oleh pangeran diponegoro dan dibantu oleh Sentot Ali Basyah, pangeran mangkubumi, dan Kyai Majo. Secara umum, penyebab Perang Diponegoro adalah sebagai berikut :
  • Campur tangan Belanda dalam urusan pemerintahan Kerajaan Mataram
  • Penciutan wilayah Kerajaan Mataram karena diberikan pada Belanda sebagai imbalan bantuan yang diberikan
  • Pemungutan pajak yang dilakukan Belanda semakin memberatkan
  • Ketidakpuasan para bangsawan karena banyak berkurangnya hak mereka.
  • Kekuasaan Raja Mataram semakin berkurang dan pendapatan kerajaan makin menurun
  • Kegiatan perdagangan Mataram merosot karena pelabuhan- pelabuhan di bagian utara Jawa telah dikuasai oleh Belanda

penyebab perang secara khusus adalah rencana pembuatan jalan yang melewati makam leluhur Pangeran Diponegoro.

Untuk menangkal perang diponegoro. .belanda melakukan beberapa usaha sebagai berikut ;
  • membentuk pasukan kontra gerilya
  • memecah belah dan menghasut para pengikut pangeran Diponegoro.
  • Membangun benteng-benteng yang semakin mempersempit pergerakan pasukan Pangeran Diponegoro.
  • mengangkat Sultan Sepuh sebagai Sultan Yogyakarta dengan tujuan memecah perlawanan rakyat
  • penggunaan siasat Benteng Stelsel semakin mempersempit ruang gerak pengikut pangeran diponegoro. 
Karena pangeran diponegoro mengalami desakan ia mau menerima tawaran untuk berunding pada tanggal 28 Maret 1830 di rumah Residen Kedu di Magelang. Namun bukannya berunding, Pangeran diponegoro justru ditangkap dan dibuang ke Semarang, Batavia, Manado, dan Makasar hingga meninggal tanggal 8 Januari 1855.
Perang diponegoro membawa akibat yang luar biasa diantaranya :
  • banyak menghabisjan kas Belanda
  • Kekuatan para raja/bangsawan di Yogyakarta dan Surakarta semakin berkurang.

Belanda mendapatkan beberapa daerah di Yogyakarta dan Surakarta.

Selamat belajar dan semoga beruntung :D

KELOMPOK SOSIAL

Hello helo, kita masuk ke materi kelas XII ya, curhat nih besok remed :') efek gak belajar, kalian jangan ga belajar ya ntar nyesel. Tap...